Selasa, 20 Maret 2012

etika profesi tugas 1


1.      Jelaskan pengertian dan cakupan etika profesi!
Jawab
Kata etik (atau etika) berasal dari kata ethos (bahasa Yunani) yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat. Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimilki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. Menurut Martin (1993), etika didefinisikan sebagai “the discpline which can act as the performance index or reference for our control system”. etika akan memberikan semacam batasan maupun standar yang akan mengatur pergaulan manusia di dalam kelompok sosialnya.
etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “self control”, karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepenringan kelompok sosial (profesi) itu sendiri.
Istilah profesi telah dimengerti oleh banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, sehingga banyak orang yang bekerja tetap sesuai
pengertian profesi dan profesional menurut DE GEORGE :
PROFESI, adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian

 Cakupan
a.       ETIKA DESKRIPTIF, yaitu etika yang berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan prilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika deskriptif memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan tentang prilaku atau sikap yang mau diambil.
b.      ETIKA NORMATIF, yaitu etika yang berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola prilaku ideal yang seharusnya dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai. Etika normatif memberi penilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.
Etika secara umum dapat dibagi menjadi:
1.      ETIKA UMUM, berbicara mengenai kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia bertindak secara etis, bagaimana manusia mengambil keputusan etis, teori-teori etika dan prinsip-prinsip moral dasar yang menjadi pegangan bagi manusia dalam bertindak serta tolak ukur dalam menilai baik atau buruknya suatu tindakan. Etika umum dapat di analogkan dengan ilmu pengetahuan, yang membahas mengenai pengertian umum dan teori-teori.
2.      ETIKA KHUSUS, merupakan penerapan prinsip-prinsip moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus. Penerapan ini bisa berwujud : Bagaimana saya mengambil keputusan dan bertindak dalam bidang kehidupan dan kegiatan khusus yang saya lakukan, yang didasari oleh cara, teori dan prinsip-prinsip moral dasar. Namun, penerapan itu dapat juga berwujud : Bagaimana saya menilai perilaku saya dan orang lain dalam bidang kegiatan dan kehidupan khusus yang dilatarbelakangi oleh kondisi yang memungkinkan manusia bertindak etis: cara bagaimana manusia mengambil suatu keputusan atau tidanakn, dan teori serta prinsip moral dasar yang ada dibaliknya.
Referensi: Isnanto, R. Rizal. 2009. Buku Ajar Etika Profesi.  UNDIP: Semarang.

2.      Apa tujuan dari proses pembelajaran etika profesi keteknikan!
Jawab
Mahasiswa sebagai calon insinyur harus mampu mengetahui karakteristik moral kesusilaan di lingkungan sekitar, baik lingkungan keluarga maupun dunia kerja yaitu dengan mempertimbangkan setiap tindakan yang akan dilakukan. Seperti seperti bersikap jujur, disiplin dan lain-lain.
3.      Apa yang dimaksud dengan kode etik!
Jawab
Kode; yaitu tanda-tanda atau simbol-simbol yang berupa kata-kata, tulisan atau benda yang disepakati untuk maksud-maksud tertentu, misalnya untuk menjamin suatu berita, keputusan atau suatu kesepakatan suatu organisasi
Kode etik yaitu norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja
MENURUT UU NO. 8 (POKOK-POKOK KEPEGAWAIAN)
Kode etik profesi adalah pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari.
Referensi: Isnanto, R. Rizal. 2009. Buku Ajar Etika Profesi.  UNDIP: Semarang.
 
4.      Jelaskan kode etik insinyur (keteknikan) menurut ABET!
Jawab
1.      Setiap Insinyur harus mengutamakan K3 (keselamatan dan kesehatam kerja) dan diterapkan disetiap lingkungan.
2.       Seorang insinyur harus berfikir secara obyektif dalam setiap mengambil keputusan.
3.      Insinyur dituntut untuk bisa mengerjakan pekerjaan dengan hasil yang memuaskan sekalipun itu bukan dibidang kompetensinya.
4.      Insinyur harus  bertindak adil dam selalu bersikap profesional dalam setiap keputusan, dan mengutamakan kepentingan bersama.
5.      Insinyur dituntut untuk selalu bersikap profesional dalam setiap menghadapi permasalahan.
6.      Insinyur harus bersikap tegas serta berorientasi
untuk selalu berfikir kedepan.
7.      Insinyur yang profesional selalu berusaha dan mengembangkan karier yang dimiliki, dan selalu berlapang dada dalam menerima pendapat dari pihak lain.
Referensi: http://wadsworth.com/philosophy_d/templates/student_resources/0534605796_harris/cases/Codes/abet.htm


1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus