Selasa, 26 Juni 2012

tugas 4 etika profesi


1.     Salah satu syarat untuk menjadi profesional adalah memiliki kompetensi dalam bidangnya. Sehubungan dengan hal tersebut, sebutkan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh sarjana Teknik Industri !
2.      Dilemma moral merupakan hal yang sering ditemui dalam menjalankan profesi keteknikan. Jelaskan cara penyelesaian dilemma moral menurut faham utilitarianisme! Berikan contoh kasus !
3.      Jelaskan minimal 5 kasus yang terkait dengan pelanggaran etika profesi dalam bidang keteknikan termasuk jenis pelanggaran etika yang terjadi!
4.      Jelaskan yang dimaksud dengan “toxic colonialism” dan hubungannya dengan etika lingkungan. Berikan contoh kasus!5. Jelaskan tentang keterkaitan antara Risiko dan kemajuan teknologi! Berikan contoh nyata! Bagaimana cara mengurangi risiko yang mungkin terjadi?
5.      Jelaskan tentang keterkaitan antara Risiko dan kemajuan teknologi! Berikan contoh nyata! Bagaimana cara mengurangi risiko yang mungkin terjadi?
6.      Jelaskan peranan Insinyur terkait dengan kerusakan dan pelestarian lingkungan hidup! Berikan masing –masing contoh nyata.
Jawab
1.      Menurut IIE (Institute of Industrial Engineering) : Keilmuan pokok dalam disiplin Engineering adalah kemampuan merancang suatu sistem (design). Menurut ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) lulusan teknik industri harus mempunyai kemampuan merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan memperbaiki sistem integral. Pendidikan engineering harus memberikan pengalaman praktek engineering kepada mahasiswa yaitu melalui laboratorium, jadi laboratorium adalah jantung pendidikan engineering. Kompetensi utama lulusan Teknik Industri: Merancang sistem integral, Memperbaiki dan meningkatkan performansi sitem integral, Memasang dan mengoperasikan rancangan/ perbaikan sistem integral tersebut.
2.      Dilema moral adalah suatu keadaan dimana seorang individu atau sekumpulan masyarakat dihadapkan oleh suatu konflik, yang memberikan pilihan dalam membuat keputusan moral. Biasanya, satu dilema moral mengandungi satu isu, dan beberapa watak tertentu dimana seseorang terpaksa membuat sesuatu keputusan. Dilema moral terbagi dalam dua hal yang utama yaitu dilema jenis hipotetikal (yaitu situasi berkonflik yang dicipta/direka) dan dilema jenis  real-life (situasi moral yang benar-benar berlaku dalam kehidupan seseorang individu).

3.      Kasus ford pinto yaitu ford terbukti mengabaikan keselamatan penumpang, karena ford telah mengetahui adanya kecacatan dalam desain tangki bensinnya yang tidak mengikuti standar teknik. Dengan alasan menekan biaya produksi agar harga jual produk dapat bersaing dipasaran sehingga mendapatkan keuntungan yang besar.
Kasus bridgestone pada tahun 2000 Bridgestone/Firestone Inc telah menarik 6,5 Juta produk Ban-nya. Salah satu dari penarikan part produk otomotif berbahaya terbesar di dunia. Penarikan tersebut diakibatan karena kecurigaan atas kematian 175 orang dan 700 korban luka-luka akibat pecah ban.
Produsen pesaingnya Goodyear juga mengalami masalah yang pada produk ban-nya yang berhubungan dengan kecelakaan yang mengakibatkan kematian 15 orang dan 120 orang luka-luka.
Kasus susu produk China yang bermelamin. Pada tahun 2008, produsen susu terbesar di China menarik 700 ton produk susu formula dari pasaran akibat kematian seorang anak dan laporan 50 anak yang bermasalah dengan organ hatinya. Dua orang yang bertanggung jawab terlibat telah dihukum mati akibat kejadian tersebut. Kejadian ini bukan yang pertama kali. Pada bulan Maret 2007 FDA ( BPPOM-nya AMERIKA) menarik 60 juta kaleng makanan kucing dan anjing yang diakibatkan kematian 14 ekor hewan peliharaan. Produk mainan yang berasal dari China juga ditrik karena mengandung bahan kimia berbahaya.
Kasus selai kacang yang terkontaminasi yaitu pada tahun 2008 terjadi kasus kontaminasi Salmonela yang mengakibatkan kematian 8 orang dan ratusan lainnya menjalani perawatan. Akibat dari kejadian tersebut dilakukan penyelidikan terhadap produk yang berasal dari Peanut Corp. of America dan hasilnya pabrik di Barkley-lah yang terkontaminasi Salmonela. Dalam penyelidikan perusahaan tersebut dinyatakan bankrut dan proses hukum terhadap yang bertanggung jawab masih tertahan.
Kasus toyota Align LeftToyota produsen terbesar otomotif di Dunia akan menarik 4,1 juta kendaraan yang telah dijual di Amerika dan di Eropa untuk memperbaiki kesalahan dalam proses gas pedal yang berpengaruh pada akselearsi yang tidak diinginkan. Padahal pada bulan November perusahaan tersebut telah menarik (recall) sebanyak 5,3 Juta kendaraan terkait dengan masalah pada floor mat yang mengganjal pedal gas. Total penarikan ( recall) akibat kesalahan atau failure yang berhubungan dengan pedal jadi berjumlah sekitar 9 Juta unit di seluruh dunia.
Sedangkan pesaingnya Honda pada bulan Januari 2012 direncanakan akan menarik 646,000 Honda Jazz,Fit dan Cities untuk memperbaiki kesalahan pada sistem window-nya.

4.      Toxic colonialism yaitu adalah sisa pembuangan limbah industri yang mengandungracun dan banyak bakteri sehingga bisa membuat pencemaran lingkungan danmengganggu kesehatan manusia.
contoh kasus sedikitnya 7 tujuh pabrik gula di Jawa Timur beroperasi dan berlokasi di pinggiran Sungai Brantas. Buangan limbah pabrik gula ke sungai  di saat musim giling tebu membuat kualitas kesehatan masyarakat menurun. Ia meminta pemerintah mengawasi praktek pembuangan limbah pada pabrik gula tersebut. "Jadi saat ini kami Ecoton lagi intensif memantau 7 pabrik gula di Jawa Timur yang sedang buka giling. Dari pantauan sementara kami, hampir semua dari industri yang kita pantau ini ternyata menimbulkan dampak keresahan pada masyarakat. Satu ada asap yang menimbulkan ganguan kesehatan ISPA, kemudian kedua air yang mereka buang rata-rata itu berbau dan berwarna serta suhunya sangat tinggi.

5.      Semakin berkembangnya teknologi saat ini membawa dampak positif serta dampak negatif, tetapi sisi positif lebih ditonjolkan daripada negatifnya, sebagai contoh perkembangan teknologi pembangkit listrik tenaga nuklir, cara untuk mengurangi resiko yang mungkin terjadi yaitu dengan menggunakan tenaga ahli dalam proses operasionalnya.
6.      Peranan insinyur dalam kerusakan dan pelestarian lingkungan tidak dapat dipungkiri, karena kemajuan teknologi selalu berbanding lurus dengan kerusakan lingkungan, contoh kasus yang telah terjadi yaitu pengeboran minyak bumi oleh PT lapindo jaya di sidoarjo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar